Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk formasi Aparatur Sipil Negara di sejumlah OPD pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut berjalan lancar.
Sebanyak 1.600 formasi untuk sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diperebutkan oleh ribuan peserta bersaing memperebutkan posisi ASN.
Tempat tes seleksi PPPK dilaksanakan di Al Fath Building Center, Tasikmalaya, sejak Rabu, 10 Desember, dan dijadwalkan berlangsung selama lima hari hingga 16 Desember 2024.
Baca Juga:Dorong Kinerja Lebih Baik, Pemda Lakukan Evaluasi Kelembagaan Perangkat DaerahMeski Diunggulkan, Persib Bandung Siap Total Lawan PSS Sleman
Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Bambang Hafidz, mengungkapkan bahwa jumlah pendaftar mencapai lebih dari 6.000 orang dari berbagai formasi.
“Total pelamar PPPK untuk Garut berdasarkan seleksi administrasi mencapai 6.343 orang dari semua SKPD,” jelas Bambang.
Sejumlah pendaftar bersaing untuk mendapat posisi pada 1.600 tenaga kerja yang akan diterima untuk mengisi berbagai formasi, termasuk guru, tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta teknis di lingkungan Pemkab Garut.
Pelaksanaan tes terbagi dalam tiga sesi per hari, dengan masing-masing sesi diikuti oleh 400 peserta.
“Jadwal seleksi berlangsung dari tanggal 10 hingga 16 Desember, setiap hari dibagi dalam tiga sesi dengan total 400 peserta per sesi,” tambahnya.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Ade Manadin mengatakan bahwa formasi guru dan tenaga pendidikan menjadi pilihan utama para pelamar. Dari total pelamar, sekitar 4.500 orang mendaftar untuk kedua formasi tersebut.
“Dari 4.500 pendaftar di bidang pendidikan, 2.500 orang mendaftar untuk formasi guru, sedangkan sekitar 2.000 lainnya untuk tenaga pendidikan,” kata Ade Manadin.
Baca Juga:113 Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut, Pemda Siapkan Dana BTTGus Miftah Blunder Lagi, Kini Diduga Olok-olok Penjual Es
Seleksi PPPK ini menjadi kesempatan penting bagi ribuan pencari kerja di Garut yang berharap dapat berkontribusi melalui berbagai formasi yang dibutuhkan. (*)