Presiden Terpilih Akan Segera Dilantik, di Sini Tempatnya

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
0 Komentar

JAKARTA –Presiden Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan segera dilantik dan mengucapkan sumpahnya.

Pelantikan dan pengucapan sumpah ini akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, ada agenda penting mengenai pengucapan sumpah atau janji Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 20 Oktober 2024.

Baca Juga:Pegawai Honorer Disdukcapil Kuningan Diringkus Polisi Karena NarkobaPelaku Pengeroyokan Diamankan Polsek Tarogong Kidul

Pelaksanaan sumpah dan pelantikan ini akan dilaksanakan di gedung MPR/DPR RI Jakarta, dimulai dengan sidang paripurna yang akan dibuka oleh Ketua MPR. Seusai itu akan dilanjutkan dengan pembacaan keputusan KPU tentang hasil Pilpres yang telah ditetapkan.

Pembacaan sumpah atau janji ini sesuai dengan Pasal 9 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sebelumnya sempat diwacanakan pelaksanaan sumpah janji Presiden ini dilaksanakan di IKN. Namun akhirnya diputuskan akan dilaksanakan di Jakarta.

Tempat pelantikan dan pengambilan sumpah ini akan dilaksanakan di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.

Dipilihnya gedung MPR/DPR RI karena beberapa alasan diantaranya kompleks Parlemen di Jakarta sudah siap dengan infrastruktur yang memadai.

Selain itu gedung MPR/DPR RI juga mempunyai nilai historis yang tinggi, dan menjadi saksi bisu berbagai momen penting dalam sejarah politik Indonesia.

Selanjutnya alsan lain yaitu, Jakarta sebagai ibu kota masih mudah dijangkau oleh semua pihak yang terlibat dalam acara pelantikan.

Baca Juga:Akun IG Radar Garut Diretas, Mohon Abaikan Informasinya Sebelum Berhasil DitanganiBak Penampungan Air di Garut Ini Diharapkan Bisa Ubah Sawah Tadah Hujan Lebih Produktif

Pelantikan Presiden juga meliputi beberapa agenda penting, misalnya Sidang Paripurna MPR RI, Pengucapan sumpah/janji presiden dan wakil presiden, Penandatanganan berita acara pelantikan, Pidato perdana presiden terpilih, serta Prosesi serah terima jabatan dari presiden lama ke presiden baru.

Sampai sekarang, detail rangkaian acara memang belum diumumkan, tapi yang pasti acara ini akan berjalan dengan lancar dan khidmat. Penetapan tanggal pelantikan sendiri direncanakan 20 Oktober.

berita ini sudah terbit di disway (grup Radar Garut) dengan judul “Jadwal Lengkap Pengucapan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden Terpilih

0 Komentar