GARUT – Anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi Partai NasDem, Mira Lestari Fitriani siap memastikan pelayanan Kesehatan masyarakat sesuai dengan standar yang seharusnya. Hal tersebut disampaikan saat ia melakukan kegiatan Reses Masa Sidang 1 tahun 2025.
Kegiatan reses tersebut diketahui dihadiri sejumlah masyarakat wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Garut. Dalam kegiatan itu pun Mira menerima sejumlah masukan kaitan dengan pelayanan Kesehatan masyarakat.
Mira menegaskan bahwa sebagai anggota DPRD yang merupakan wakil rakyat, dirinya berkomitmen untuk memastikan pelayanan Kesehatan untuk masyarakat sesuai dengan standar yang seharusnya. Pelayanan itu, menurutnya harus didapatkan masyarakat di setiap jenjang fasilitas Kesehatan.
Baca Juga:PNM Terus Berkomitmen Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan dan Manfaat Sosial untuk MasyarakatHR. M. Romli: Trans7 Harus Minta Maaf Secara Lisan dan Datang ke Pesantren
“Pelayanan kesehatan ini adalah hak dasar masyarakat. Oleh karena itu, sebagai wakil rakyat saya harus memastikan bahwa setiap warga harus benar-benar mendapatkan layanan yang layak, ramah, dan cepat,” ujar Mira.
Ia mengungkapkan bahwa selama ini dirinya kerap menerima aduan dari warga yang harus menjalani antrean yang cukup panjang, kurang obat, hingga keterbatasan medis di fasilitas kesehatan. Menurutnya hal-hal tersebut tidak boleh dibiarkan karena berkaitan dengan keselamatan warga.
“Bila kemudian ketika masyarakat sakit lalu datang ke fasilitas Kesehatan namun malah harus menunggu lama tanpa kejelasan, itu berarti ada sistem yang perlu diperbaiki. Sebagai wakil rakyat kami siap mendorong Dinas Kesehatan untuk melakukan evaluasi dan peningkatan kinerja,” tegasnya.
Mira juga menyebut bahwa transparansi penggunaan anggaran kesehatan pun tidak bisa dikesampingkan. Hal tersebut menurutnya menjadi penting agar program seperti BPJS Kesehatan, layanan ibu hamil, dan vaksinasi betul-betul sampai ke masyarakat yang membutuhkan.
“Saya juga sempat menerima aspirasi warga tentang perlunya pemerataan tenaga medis di puskesmas pembantu (Pustu) dan poskesdes. Hal-hal tersebut tentu akan kita sampaikan kepada Dinas Kesehatan,” sebutnya.
Mira menegaskan bahwa seluruh masukan dari warga akan ia sampaikan dalam rapat-rapat dewan, khususnya dengan Komisi yang membidangi kesehatan.
Ia berharap ke depan Garut memiliki sistem pelayanan kesehatan yang lebih manusiawi, cepat, dan merata di seluruh wilayah.