Perum Bulog Ciamis Ganti Beras Bantuan Tak Sesuai di Garut, Tegaskan Komitmen Tanpa Biaya

istimewa
Perum Bulog Ciamis Ganti Beras Bantuan Tak Sesuai di Garut, Tegaskan Komitmen Tanpa Biaya
0 Komentar

GARUT – Peurusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Cabang (Kancab) Ciamis menegaskan komitmennya untuk bertanggung jawab atas kualitas dan kuantitas bantuan pangan (banpang) yang disalurkan kepada masyarakat.

Salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut adalah pelaksanaan penggantian beras banpang di Desa Panyindangan, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, pada Sabtu, 2 Agustus 2025.

Penggantian dilakukan terhadap beras bantuan yang tidak sesuai ketentuan, seperti kuantitas kurang dari 10 kilogram atau adanya kerusakan pada kemasan. Proses ini menjadi bagian dari upaya Bulog dalam menjaga kualitas layanan dan hak masyarakat sebagai penerima bantuan pangan.

Baca Juga:CPNS Rutan Garut Angkatan 2024 Resmi Rampungkan OrientasiBulog Ciamis dan Bupati Garut Tinjau Penyaluran Bantuan Pangan Beras di Kadungora

“Kami tidak hanya menyalurkan, tapi juga melakukan monitoring dan menerima laporan dari masyarakat terkait adanya beras yang tidak sesuai. Jika terbukti tidak sesuai, kami akan ganti dan itu tidak dipungut biaya sepeser pun,” ujar Dadan Irawan, Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Ciamis.

Dadan menjelaskan bahwa hingga saat ini Perum Bulog Ciamis telah menyalurkan lebih dari 10 ribu paket beras bantuan pangan ke berbagai wilayah kerja, meliputi Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Pangandaran, Kota Tasikmalaya, dan Banjar.

Dengan adanya penyebaran bantaun pangan itu, Dadan mengimbau kepada masyarakat penerima bantuan agar segera melapor ke petugas pelaksana di Kantor Desa atau titik distribusi jika menemukan beras bantuan yang tidak sesuai.

Menurut Dadan, pelaporan tersebut menjadi sangat penting dilakukan untuk menghindari adanya penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat merugikan penerima bantuan.

“Kekurangan kuantitas atau kerusakan kemasan bisa terjadi akibat faktor teknis saat pendistribusian. Tapi tentunya kami tidak akan lepas tangan, kami akan bertanggung jawab penuh dan terbuka menerima masukan dari masyarakat maupun petugas lapangan untuk perbaikan ke depan,” tegas Dadan.

Dadan mengungkapkan bahwa Perum Bulog Ciamis memastikan bahwa seluruh proses retur atau penggantian dilakukan secara cepat dan transparan. “Harapan kami tentunya agat seluruh masyarakat penerima bantuan mendapatkan haknya secara utuh sesuai ketentuan,”pungkasnya. (*)

0 Komentar