Mayoritas produk UMKM pada Desa Wisata masih bersifat umum, belum ada inovasi berupa produk unik yang dapat menarik pengunjung untuk datang selain dari daya tarik objek wisata diantaranya karena mayoritas UMKM tidak bisa mengolah untuk meningkatkan harga jual produk. Masyarakat membutuhkan pengetahuan tentang inovasi produk sebagai sebuah inspirasi baru yang menarik sehingga dapat dikembangkan yang sengaja di buat untuk tujuan pengembangan dan strategi yang menarik. Inovasi produk merupakan sebuah inspirasi baru yang menarik sehingga dapat dikembangkan yang sengaja di buat untuk tujuan pengembangan dan strategi yang menarik dengan unsur- unsur fitur untuk membedakan produk dengan produk lainnya, desain produk untuk menambah nilai bagi konsumen, memiliki kualitas seperti keandalan, ketahanan, maupun ketepatan produksi.
Pengembangan Desa Wisata
Untuk pengembangan desa Wisata Domba Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler perlu adanya suatu rencana strategis BUMDesa dalam memaksimalkan potensi Desa Wisata dituangkan pada implementasi tata kelola kelembagaan maupun inovasi produk baik bagi pengurus BUMDesa, pengelola desa wisata, tokoh masyarakat, pengurus desa dan karang taruna yang bertujuan untuk menggali potensi lokal yang dimiliki desa serta mengembangkan strategi bisnis yang berkelanjutan. Pendekatan partisipatif antara lembaga BUMDEs dengan masyarakat menjadi kunci dalam merumuskan strategi dan rencana aksi jangka pendek yang aplikatif dan memberikan dampak positif terhadap masyarakat pada umumnya sehingga kesejahteraan masyarakat desa dapat diwujudkan dengan lebih terarah, inovatif, dan berkelanjutan.
Rencana Strategis Pengembangan Desa Wisata Domba Kabupaten Garut
Pentingnya Rencana Strategis antara lain untuk memberikan arah yang jelas bagi pengelolaan BUMDes, menjamin keberlanjutan usaha dan pertumbuhan ekonomi desa serta meningkatkan daya saing BUMDes di pasar lokal maupun nasional. Kekuatan (Strength) Desa Wisata Domba dapat berupa dukungan penuh dari pemerintah desa dan masyarakat, potensi sumber daya alam dan manusia yang melimpah dan usaha berbasis kebutuhan lokal serta peluang (Opportunities) permintaan pasar yang berkembang, kemitraan dengan sektor swasta dan pemerintah dan digitalisasi dan pemasaran online. Oleh karena itu perlu adanya rencana strategis yang efektif guna mencapai tujuan BUMDes itu sendiri.