GARUT – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut membuktikan bahwa promosi wisata melalui media digital, seperti film, konten media sosial, dan YouTube, sangat efektif dalam menarik wisatawan. Strategi ini dinilai mampu menjangkau audiens secara lebih luas dan membangun citra positif destinasi dengan cara yang menarik dan mudah diakses.
Menurut Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disparbud Garut, Aam Pathulloh, penggunaan media digital berhasil membawa Garut ke posisi yang lebih menonjol di mata wisatawan.
“Kami menyadari bahwa promosi melalui tayangan film, konten YouTube, dan media sosial adalah cara paling efektif saat ini untuk menjangkau audiens yang lebih besar, terutama generasi muda,” ujarnya saat dihubungi melalui pesan whatsapp, Selasa (9/9).
Baca Juga:Libur Panjang Maulid Nabi, Kunjungan Wisatawan di Garut MenurunGarut Siap Kirimkan Atlet Berlaga di Popda 2025
Hal ini juga terlihat dari capaian Disparbud Garut yang secara konsisten masuk dalam 3 besar Best Promotion Award tingkat Jawa Barat pada tahun 2023 dan 2024 untuk kategori Instagram resmi.
” Pencapaian ini menunjukkan bahwa strategi digital yang dijalankan tidak hanya meningkatkan eksposur, tetapi juga diakui secara formal sebagai praktik promosi terbaik di tingkat provinsi,” katanya.
Aam juga menambahkan, berbagai konten yang dibuat tidak hanya berfokus pada keindahan alam, tetapi juga kekayaan budaya, kuliner khas, dan kegiatan menarik lainnya di Garut.
“Pendekatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lengkap dan menarik tentang Garut sebagai destinasi wisata yang beragam,” pungkasnya.
Dengan terus mengoptimalkan promosi digital, Disparbud Garut berharap dapat menarik lebih banyak wisatawan domestik maupun mancanegara, serta memajukan perekonomian daerah melalui sektor pariwisata.(rizki)