Pengembangan Desa Wisata Melalui Rencana Strategis Inovasi Produk dan Tata Kelola Kelembagaan BUMDes

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (ist)
Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (ist)
0 Komentar

Pada Destinasi Wisata Domba Desa Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler, Garut

Penulis : Hani Siti Hanifah SE. MSi, Hedi Cupiadi, S.E., M.Si., MCE., Cepi Juniar Prayoga, S.E., M.Ak (Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Garut)

Pariwisata Berkelanjutan

Perkembangan, pembangunan ekonomi dan meningkatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membawa perubahan pada suatu destinasi wisata sebagai satu kesatuan geografis, demografis yang di dalamnya terdapat kekuatan aras multidimensi. Sektor pariwisata memiliki kekuatan yang mampu mendobrak dalam memengaruhi perubahan cara pandang, pola pikir dan dapat memacu inovasi masyarakat di berbagai aspek ekonomi.

Indonesia memiliki berbagai ribuan destinasi wisata dengan kekhasan serta keunikan masing masing sehingga memiliki potensi untuk terus dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan diantaranya melalui kota-kota yang telah populer, lanskap hutan alami, pantai, desa -desa terpelosok di wilayah Indonesia saat ini populer menawarkan sajian pengalaman eksotis destinasi wisata yang ditunjang oleh kreativitas masyarakat pelaku destinasi wisata diantaranya berupa kemampuan mengoperasikan usaha mulai dari memulai investasi, melakukan riset pasar, pengelolaan usaha secara gotong royong, serta melayani pelanggan.

Baca Juga:KPU Garut Gelar FGD, Evaluasi Pilkada 2024 dan Berencana Buat Buku Perjalanan PilkadaPemdaprov Jabar Bantu Anggaran Penyelenggaraan PSU Tasikmalaya, Diperkirakan Total Kebutuhan Rp60 Miliar

Salah satu keahlian perlu ditambahkan bagi komunitas destinasi wisata adalah kemampuan melakukan kreativitas dan inovasi. Usaha destinasi wisata dapat berhenti beroperasi ketika wisatawan tidak lagi menemukan sesuatu yang baru.

Pada implementasi kebijakan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 – 2025 terkait dalam upaya promosi produk wisata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut menggambarkan kurang optimal oleh karena belum sepenuhnya didukung oleh akomodasi, sarana dan prasarana yang memadai serta kurangnya sosialisasi kepada pengusaha/masyarakat tentang inovasi produk terkait dengan pariwisata di Kabupaten Garut.

Inovasi produk sebagai sebuah inspirasi baru yang menarik sehingga dapat dikembangkan yang sengaja di buat untuk tujuan pengembangan dan strategi yang menarik dengan unsur-unsur fitur untuk membedakan produk dengan produk lainnya, desain produk untuk menambah nilai bagi konsumen, memiliki kualitas seperti keandalan, ketahanan, maupun ketepatan produksi.

Wisata Domba yang terletak di kawasan kontes domba Garut di Kampung Cimuncang, Desa Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasi ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Garut dan kawasan Cipanas Garut.

0 Komentar